Senin, 11 Juli 2011

Bandara Supadio Pontianak Ditutup Hingga 19.00 WIB Lia Harahap - detikNews

Jakarta - Hingga saat ini PT Angkasa Pura II masih menutup Bandara Supadio, Pontianak, untuk mengevakuasi pesawat Lion Air JT 712 yang tergelincir pagi tadi. Bandara ini rencananya akan ditutup hingga pukul 19.00 WIB.

"Untuk bandara sampai saat ini masih kita tutup sampai pukul 19.00 WIB," ujar Kepala Operasional Bandara Supadio Pontianak Irma Dani, kepada detikcom, Selasa (2/11/2010).

Pesawat naas tersebut, lanjut Irma, masih berada di area RESA (Runway End Safety Area), tempat di mana pesawat tersebut tergelincir. Pesawat belum dievakuasi karena masih menunggu beberapa peralatan yang dikirim dari Jakarta.

"Alat yang kita punya di sini sangat terbatas untuk mengangkut pesawat tersebut. Maka itu kita meminta bantuan dari Jakarta dan saat ini alat-alat itu sedang dalam perjalanan dari Jakarta, mungkin sekitar pukul 18.00 WIB akan tiba," jelasnya.

Dengan alat yang terbatas tersebut, lanjut Irma, petugasnya hanya mampu mengeluarkan avtur yang masih tersisa di pesawat. Sedangkan untuk mengeluarkan main gear (ban belakang pesawat) yang terbenam ke dalam tanah gambut dan mengangkat badan pesawat dibutuhkan alat khusus.

"Kita baru mengeluarkan avturnya saja, kita juga butuh alas yang nantinya bisa membawa badan pesawat itu dari pinggir landasan," imbuh Irma.

Irma berjanji setelah dibuka, Bandara Supadio siap melayani semua penerbangan yang sempat tertunda karena insiden ini.
"Kita akan siap melayani sampai malam," tegasnya.

Sebelumnya pesawat Lion Air take off dari Jakarta pagi tadi. Pesawat yang membawa penumpang 169 orang dan 6 kru ini tergelincir. Seluruh penumpang dan kru dipastikan selamat.

Peristiwa ini terjadi pukul 11.25 WIB. Komite Nasional Keselamatan Transdportasi (KNKT) akan memberangkatkan 3 investigator ke Pontianak untuk menyelidiki penyebab pasti tergelincirnya pesawat Lion Air.

(lia/vit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar