Sabtu, 19 Maret 2011

Mengenal lebih dekat Kesultanan Ternate

Tahun 2011 ini tidak terasa sudah mendekati bulan April yang mana setiap tahun pada bulan April ini kesultanan Ternate mengadakan pesta rakyat atau yang lebih dikenal oleh masyarakat disana dengan sebutan Festival Legu Gam. Disini tidak hanya menampilkan kesan pesta namun mengangkat harkat budaya Moloko Kie Raha yang terdiri dari 29 suku 30 bahasa. Ini sebuah kekayaan luar biasa untuk dilestarikan dengan harapan tetap terpelihara dan tumbuh budaya lokal diantara gempuran budaya asing.

Festival Legu Gam tahun 2011 ini mengangkat tema "MEMBERDAYAKAN SISTEM EKONOMI BALA KUSU SE KANO-KANO". Maka diharapkan kegiatan festival Legu Gam yang sudah menjadi agenda wisata nasional merupakan wujud kepedulian putra-putri daerah sebagai motor penggerak dalam menggali serta mengembangkan perekonomian dan warisan sosial budaya lokal.

Festival Legu Gam ini direncanakan pada bulan April dimulai tanggal 01 April 2011 sampai dengan 17 April 2011 dengan menghadirkan pameran, seminar bertema "MEMBANGUN PEREKONOMIAN RAKYAT MELALUI ADAT SE ATORANG" Keunggulan produk daerah kota ini banyak dilirik oleh perbankan nasional maupun swasta bertujuan mendukung program acara Legu Gam serta promosi budaya dan kesenian tradisional kepada masyarakat Maluku Utara. Rencana puncak acara akan dihadiri oleh beberapa anggota DPR Komisi X, Raja-raja se Nusantara, Duta Besar Negara-negara sahabat serta beberapa Pejabat Negara lainnya. Adapun artis Ibukota akan memeriahkan acara ditanggal 17 April 2011 pada hari penutupan acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar